Nusantara

Polda Riau Adakan Lomba Karya Jurnalistik Dengan Tema Pemilu Damai 2024

×

Polda Riau Adakan Lomba Karya Jurnalistik Dengan Tema Pemilu Damai 2024

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2023 11 16 at 14.28.57 Polda Riau Adakan Lomba Karya Jurnalistik Dengan Tema Pemilu Damai 2024

detakhukum.com, Pekanbaru – kepolisian Daerah Riau mengadakan lomba karya jurnalistik dengan hadiah utama yaitu Umroh bagi satu orang peserta juara 1 dari 3 kategori yang beruntung setelah di undi.

Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal me launching perlombaan karya jurnalistik Rabu (15/11). Seluruh instansi yang berkaitan dengan Pemilu 2024 diundang saat pelaksanaan launching.

“Alhamdulillah Wasyukurillah kami menyampaikan ide kepada teman-teman tim pokja inti, panitia dari rekan- media, humas dan rekan-rekan PJU merumuskan kegiatan lomba karya Jurnalistik ini,” kata Iqbal di Mapolda Riau.

Iqbal ingin membombardir ruang media dengan pemberitaan pesan-pesan damai, cooling system, pesan-pesan yang dingin sekaligus meng challenge para jurnalis.

“Hari ini saya minta teman-teman jangan berfikir benefit tetapi berfikirlah persatuan dan kesatuan bangsa, rasa nasionalisme,” jelas Iqbal.

Lomba ini dikhususkan untuk seluruh wartawan di Provinsi Riau. Kepolisian memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengirimkan bahan karya jurnalistik hingga penutupan pada 18 Februari 2024 mendatang.

Baca juga:  Satgas Banops Dokkes Ops Lilin - LK 2023-2024 Polda Riau Laksanakan Patroli dan Pelayanan Kesehatan

Adapun karya yang dilombakan seperti kategori tulisan feature, lomba foto dan video jurnalistik. Hadiah yang dilombakan juga tak sedikit.

Untuk juara 1 baik kategori lomba tulisan feature, foto maupun video jurnalistik itu akan mendapatkan masing-masing Rp. 10 juta. Kemudian juara 2 mendapat Rp. 7,5 juta, dan juara 3 mendapat Rp. 5 juta.

Bahkan, kesempatan juga diberikan bagi juara harapan 1 yaitu Rp. 3 juta, harapan 2 mendapat Rp. 2 juta untuk setiap kategori perlombaan.

Sedangkan hadiah utama Umroh, akan diundi bagi 3 orang yang mendapat juara 1 untuk setiap kategori. Yaitu juara 1 kategori feature, juara 1 kategori foto dan juara 1 kategori video jurnalistik. Ketiga orang juara 1 itu akan diundi secara terbuka untuk mendapatkan hadiah umroh.

Menurut Iqbal, Polda Riau beserta para jurnalis ingin mengeluarkan strategi, karena demokrasi kali ini suatu keniscayaan bahwa aspirasi masyarakat memilih pemimpin bangsa akan segera memasuki tahap inti.

Sementara itu, Plh Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau Abdurrahman mengatakan pihaknya sebagai lembaga penyelenggara pemilu sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Lomba Karya Jurnalistik Polda Riau ini.

Baca juga:  Di Dampingi Kapolres Rohul, Bupati Sukiman Salurkan Bantuan Banjir Di Desa Sontang

Menurut Abdurrahkan, acara yang sangat kreatif dan inovatif diinisiasi Irjen Iqbal ini, satu-satunya Polda se Indonesia yang menyelenggarakan. Apalagi Iqbal merupakan mantan Kadiv Humas Polri yang dinilai paham dan mengerti dunia jurnalistik.

“Ini sebuah terobosan yang tidak hanya berguna bagi KPU dan bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu, tetapi ini sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Karena pada pemilu kita butuh narasi-narasi yang baik, kita butuh pencerahan dalam pemilu, kita sudah trauma dengan apa yg kita alami di masa Pemilu 2019, kita terbelah oleh isu-isu yang tidak berdasar,” katanya.

Dia berharap ini Lomba Karya Jurnalistik Polda Riau ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat luas. Tidak hanya pada media online dan media cetak tetapi juga pada media sosial yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, pungkasnya. (Zulaika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *