Nusantara

Darmaswara Kepala SMPN 15 Kota Bogor : MPLS Sebagai Taman Belajar

×

Darmaswara Kepala SMPN 15 Kota Bogor : MPLS Sebagai Taman Belajar

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2023 07 21 at 22.49.59 Darmaswara Kepala SMPN 15 Kota Bogor : MPLS Sebagai Taman Belajar
Kepala SMPN 15 Darmaswara, MM saat memberi keterangan

detakhukum.com, Bogor – Sebelum masa pembelajaran, siswa baru mengikuti MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMPN 15 kota Bogor. Masa pengenalan diikuti oleh siswa baru yang dibuka senin, (17/7/2023).

Sebagaimana MPLS yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Masa MPLS diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Dengan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini dapat juga mengenal program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Jadi MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi calon siswa-siswi. Seperti disampaikan Darmaswara, MM selaku kepala sekolah SMPN 15 kota Bogor di ruang kantornya Jumat (21/7/2023).

Bahwa MPLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan dan sarana prasarana sekolah, serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru, termasuk interaksi positif antar siswa dan lainnya, menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, termasuk semangat gotong royong pada diri siswa.

Baca juga:  Zona Kuning Kota Bogor: Aktivitas Resepsi Pernikahan Masih dilarang
WhatsApp Image 2023 07 21 at 22.59.32 Darmaswara Kepala SMPN 15 Kota Bogor : MPLS Sebagai Taman Belajar

MPLS ini berlangsung selama 3 hari yang diikuti oleh 285 siswa baru dari berbagai asal sekolah.

Pelaksanaan MPLS pun tidak boleh ada unsur kekerasan. MPLS intinya Pengenalan lingkungan Sekolah yang mencakup antara lain,Pengenalan Struktur Organisasi Sekolah, Pengenalan Sarana dan Prasarana Sekolah, Pengenalan Tata Tertib Sekolah, dan Pengenalan Organisasi-organisasi Intra dan Ekstrakurikuler Sekolah.

Hal ini bertujuan agar peserta didik baru nantinya dapat menentukan pilihan Organisasi yang mereka minati, apakah Pramuka, PMR dan Sanggar Seni sunda.

Penutupan MPLS siswa baru pada Jumat (21/7/2023) di isi dengan Penampilan pencak silat. Disaksikan oleh hampir seluruh siswa baru dan guru di Lapangan SMPN 15 kota Bogor, acara berlangsung meriah dan asyik. Gemuruh tepuk tangan, bersahutan, tanda kekaguman atas penampilan mereka. Usai pertunjukan.

Baca juga:  Pemkot Bogor Terus Matangkan Rencana PTM Terbatas

Berbagai atraksi telah dihelat di depan peserta masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 15 kota Bogor.

Darmaswara menambahkan, siswa siswi berprestasi pada ekstrakurikuler (Ekskul) seperti diantaranya, paskibraka, pencak silat, jurnalistik serta banyak lagi lainnya,sengaja ditunjukkan dihadapan pada peserta MPLS SMPN 15 kota Bogor untuk mengenalkan kepada siswa siswi yang telah masuk diterima di SMPN 15 kota Bogor tahun 2023-2024 mampu meningkatkan potensi potensi mereka di sekolah hingga meraih juara dalam bidang seni tradisional, olah raga,penulisan jurnalis tingkat kota Bogor.

Sehingga dalam Ekskul, sekolah hanya menampung dan mengembangkan minat prestasi siswa yang dibimbing oleh guru atau instruktur berpengalaman dibidangnya,agar kelak siswa siswi SMPN 15 kota Bogor bisa masuk dalam jalur prestasi untuk melanjutkan sekolah pada jenjang berikutnya,beber Darmaswara. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *